Sabtu, 18 Februari 2012

E-R Model dan Object-oriented Model

Entity-relationalship Model dan Object-oriented Model adalah bagian dari model data yang telah dibahas pada aritikel sebelumnya mengenai Model Data. Pada artikel kali ini saya akan membahas lebih rinci mengenai kedua model data tersebut dan dimana letek perbedaan keduanya.

Entity-relationalship Model. Entity-relationalship Model (E-R Model) didasarkan atas persepsi terhadap dunia nyata yang terdiri dari sekumpulan objek, disebut entity (entitas) dan hubungan antar objek tersebut, disebut relationalship.

Entitas adalah objek d dunia nyata yang bersifat unik. Setiap entitas memiliki atribut yang membedakannya dengan entitatas yang lainnya. Contoh : entitas burung mempunyai atribut nama, jenis, warna, habitat.

E-R model menggunakan diagram E-R yang terdiri dari :

Kotak persegi panjang, menggambarkan himpunan antar entitas.
Elip, menggambarkan atrubut-atribut entitas.
Diamon, menggambarkan hubungan antara himpunan entitas.
Garis, yang menghubungkan antara objek dalam diagram E-R.

Object-oriented Model. Object-oriented Model adalah model berorientasi objek berbasiskan kumpulan objek, dimana setiap objek memeliki hal berikut :

Nilai yang disimpan dalam variable instant, dimana variable tersebut "melekat" dengan objek itu sendiri.

Metoda, operasi yang berlaku pada objek yang bersangkutan.

Objek-objek yang memiliki tipe nilai dan metoda yang sama dikelompokkan dalam satu kelas. Kelas disini mirip dengan tipe data abstrak pada bahasa pemograman.

Sending a message, sebuah objek dapat mengakses data sebuah objek yang lain hanya dengan memanggil metoda dari objek tersebut.

Dengan melihat pengertian dan hal-hal yang berkaitan dengan kedua model tersebut sebenarnya kita sudah dapat melihat dimana letak perbedaannya. Namun untuk lebih memperjelasnya marilah lihat uraian perbedaan letak dari kedua model tersebut.

Pertama, dari segi komponen yang ada di dalam kedua model tersebut. Komponen utama dari E-R model adalah entitas, atribut dan relationanship, sedangkan pada objek-oriented model komponen utamanya adalah nilai, metoda, dan sending a message.

Kedua, pada E-R model karakteristik sebuah objek terletak pada atribut dari entitas, sedangakan pada objek-oriented model terletak pada nilai atau variable yang "melekat" pada objek.

Ketiga, pada E-R model tidak digunakan penggunaan kelas, sedangkan pada objek-oriented model adanya penngunaan kelas.

0 komentar:

Posting Komentar