Sabtu, 18 Februari 2012

Model-model Lojik Berbasis Record

Model-model Lojik Berbasis Record merupakan bagian ketiga dari macam model data pada pembahasan mengenai Model Data. Untuk kedua bagian lainnya mengenai model data bisa dibaca pada aritikel mengenai E-R Model dan Object-oriented Model.

Model-model Lojik Berbasis Record. Dalam Model-model Lojik Berbasis Record data yang disimpan menggambarkan beberapa aspek dari suatu organisasi. Terdapat beberapa model dari kelompok ini, antara lain :

Model Relasional, model relasional menggunakan kumpulan tabel-tabel, untuk mendeskripsikan data dan relasi antara data-data tersebut. Setiap tabel terdiri atas kolom-kolom, dan setiap kolom mempunyai nama yang unik. Pembahasan pokok pada model ini adalah relasi, yang dimisalkan sebagai himpunan dari record.
Deskripsi data dalam dalam istilah model data disebut skema. Pada model relasional, skema untuk relasi ditentukan oleh nama, nama dari tiap field (atau atribut atau kolom), dan tipe dari tiap field. Contoh :

Model Jaringan, model jaringan direpresentasikan dengan sekumpulan record (Pascal), dan relasi antara data direpresentasikan oleh record dan link. Model ini memiliki sifat demikian, model ini bisa menyatakan hubungan 1:1 (satu orang tua mempunyai satu anak), 1:M (satu orang tua punya banyak anak), N:M (beberapa anak bisa mempunyai banyak orang tua). Pada model jaringan, orang tua disebut pemilik dan anak disebut anggota.


Model Hirarki, model hirarki biasa disebut model pohon, karena menyerupai pohon yang dibalik. Model ini menggunakan pola hubungan orang tua-anak. Setiap simpul (biasa dinyatakan dengan lingkaran atau kotak) menyatakan sekumpulan medan. Simpul yang terhubung ke simpul pada level di bawahnya disebut orang tua. Setiap orang tua bisa memiliki satu (hubungan 1:1) atau beberapa anak (hubungan 1:M), tetapi setiap anak hanya memiliki orang tua yang disebut akar.




Dari ketiga penjelasan mengenai model lojik berbasis record tersebut dapat diambil kesimpulan mengenai perbedaan diatara ketiganya, diantaranya adalah :

Model relasional menggunakan tabel-tabel untuk merepresentasikan data, sedangkan model jaringan dan model hirarki menggunakan konsep orang tua untuk merepresentasikan datanya. Sedangkan perbedaan antara model jaringan dan model hirarki terletak pada sifatnya, untuk model jaringan memiliki konsep sikap yang tidak dimiliki konsep hirarki yaitu untuk model jaringan beberapa anakn bisa memiliki beberapa orang tua, sedangkan untuk model hirarki satu anak hanya bisa memiliki satu oarang tua. Untuk lebih rincinya model jaringan memeliki tiga sifat dengan konsep 1:1, 1:M, dan N:M, sedangkan model hirarki hanya dua sifat dengan konsep 1:1 dan 1:M.

0 komentar:

Posting Komentar