Rabu, 01 Februari 2012

Query dan metadata

Query

Dalam lingkup database atau basis data, query diartikan sebagai pertanyaan atau permintaan informasi (data pada tabel-tabel) tertentu dari sebuah basis data yang ditulis dalam format tertentu. Adapun bahasa khusus yang digunakan untuk melakukan query pada basis data disebut query language.

Permintaan query dibagi atas dua bagian :

1. DDL (Data Definition Language), digunakan untuk mendefenisikan obyek-obyek database seperti membuat database dan tabel. Biasanya perintah dalam basis data meliputi, CREATE DATABASE, CREATE TABLE, DROP DATABASE, ALTER TABLE dll.

2. DML (Data Manipulation LAnguage), digunakan untuk memanipulasi data yang ada pada tabel. Biasanya perintah dalam basis data meliputi, INSERT, UPDATE, DELETE.

Metadata

Metadata adalah informasi terstruktur yang mendeskripsikan, menjelaskan, menemukan, atau menjadikan suatu informasi mudah untuk ditemukan kembali, digunakan, atau dikelola. Metadata ini mengandung informasi mengenai isi dari suatu data yang dipakai untuk keperluan manajemen file/data dalam suatu basis data.

Fungsi metadata :

1. membuat sumberdaya bisa ditemukan dengan menggunakan kriteria yang relevan
2. mengidentifikasi sumberdaya
3. mengelompokkan sumberdaya yang serupa
4. membedakan sumberdaya yang tak miliki kesamaan
5. memberikan informasi lokasi

Jenis metadata :

Metadata deskriptif menggambarkan suatu sumberdaya seperti penemuan dan identifikasi. Dia bisa meliputi elemen semisal judul, abstrak, pengarang, dan kata kunci.

Metadata struktural menunjukkan bagaimana kumpulan obyek disusun secara bersama-sama menjadi satu, semisal bagaimana halaman-halaman ditata untuk membentuk suatu bab.

Metadata administratif menyediakan informasi untuk membantu mengelola sumberdaya, semisal terkait kapan dan bagaimana suatu informasi diciptakan, tipe dokumen dan informasi teknis lainnya, serta siapa yang bisa mengaksesnya.

0 komentar:

Posting Komentar